Minggu, 15 September 2013

Tugas: Emmbisiel (Imbisil)

1.      Pengertian
§  Yaitu penyakit gangguan mental/kelainan mental, 
§  Imbisil adalah Istilah medis yang mengacu pada retardasi mental ringan sampai sedang.

2.      Ciri-ciri dan karakteistik
§  IQ rendah
§  Menunjukkan gejala kebodohan
§  Warna rambut dan kulit kekurangan pigmen.
§  Biasanya tidak berumur panjang.
§  Reaksi refleksnya sangat lambat.
§  Jarang mempunyai keturunan.
§  Dalam urine dijumpai residu fenilpiruvat

Memiliki IQ 25 – 49. Seperti kanak-kanak yang berumur 3 – 7 tahun. Ukuran tinggi dan bobot badannya kurang, sering badannya cacat atau mengalami Anomali (kelainan). Gerakan-gerakannya tidak stabil dan lamban. Ekspresi mukanya kosong dan tampak dungu. Kurang mempunyai daya tahan terhadap penyakit, perkembangan jasmaninya sangat lamban dan kurang sambutannya jika diajak berbicara. Pada umumnya mereka masih bisa mengerjakan tugas yang sederhana di bawah pengawasan. Anak-anak imbisil juga banyak yang mati muda.

Karakteristik: :
a. Usia prasekolah, kelambatan terlihat pada perkembangan motorik, terutama bicara, respon saat belajar dan perawatan diri.
b. Usia sekolah, dapat mempelajari komunikasi sederhana, dasar kesehatan, perilaku aman, serta ketrampilan mulai sederhana, Tidak ada kemampuan membaca dan berhitung.
c. Usia dewasa, melakukan aktivitas latihan tertentu, berpartisipasi dalam rekreasi, dapat melakukan perjalanan sendiri ke tempat yang dikenal, tidak bisa membiayai sendiri.

3.      Penyebab
Cacat menurun ini disebabkan karena seseorang tidak punya enzim yang mengubah fenilalanin menjadi tirosin. Akibatnya terjadi penimbunan fenilalanin dalam darah dan diubah menjadi asam fenilpiruvat. Tingginya kadar fenilpiruvat menghambat perkembangan dan fungsi otak. Kelainan ini sering disebut phenilketouria (PKU) karena banyaknya kandungan residu fenilpiruvat yang terdapat pada urine.
 Fenilketonuria adalah gangguan metabolisme langka yang mempengaruhi cara tubuh memecah protein yaitu, fenilalanin yang menyebabkan gangguan pertumbuhan dan retardasi mental
 Fenilalanin adalah salah satu dari sembilan asam amino essensial yang terdapat pada semua protein makanan seperti daging , telur, ikan, susu, keju dan dalam jumlah yang sedikit pada sereal, sayuran dan buah-buahan. Fenilalanin sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk membuat protein tubuh. Di dalam saluran pencernaan, protein makanan dicerna menjadi asam amino sebelum diserap. Asam amino ini diperlukan untuk membuat protein tubuh atau diubah menjadi asam amino jenis lain.
Fenilalanin selain merupakan bahan baku protein tubuh juga diubah menjadi salah satu asam amino non essensial yang disebut tirosin, yang nantinya juga akan diolah menjadi protein tubuh. Proses perubahan dari fenilalanin menjadi tirosin memerlukan enzim yang disebut enzim fenilalanin hidroxilase.
Biasanya anak  yang mengalami gangguan mental ini  berasal dari pasangan yang keduanya normal heterozygote/carrier. Atau juga dari pasangan yang normal heterozigot dengan penderita imbisil.  Orang yang normal heterozigot tidak akan menampakkan gejala penyakit sehingga terlihat normal tetapi membawa sifat penyakit/gen penyakit (carrier)  tersebut. Dikendalikan oleh gen yang resesif sehingga penderita bersifat homozigot resesif.

4.      Pencegahan
        Imunisasi bagi anak dan ibu  sebelum kehamilan
        Konseling perkawinan
        Pemeriksaan kehamilan rutin
        Nutrisi yang baik
        Persalinan oleh tenaga kesehatan
        Memperbaiki sanitasi dan gizi keluarga
        Pendidikan kesehatan mengenai pola hidup sehat
        Program mengentaskan kemiskinan, dll


5.      Penanganan dan rehabilitasi
Rehabilitasi :
        Pendidikan dan latihan
§  Dimasukkan ke SLB untuk RM ringan dan sedang
        Perawatan dalam panti perawatan
        Rehabilitasi kerja
        Penerimaan anak agar merasa berarti
§  Penolakan anak meyebabkan frustasi, murung, benci, nakal, dll

Ternyata bila terdapat lingkungan keluarga yang mau mengerti dan memberi dukungan secara memadai serta fasilitas pendidikan dan latihan vokasional yang tepat, penderita retardasi mental dapat mengembangkan penyesuaian sosial dan vokasional yang baik serta kemampuan hubungan dan kasih sayang antar manusia yang wajar. Pernyataan ini memperkuat pernyataan bahwa banyak penderita retardasi mental taraf perbatasan, ringan, bahkan yang berat dapat mengalami perkembangan kepribadian yang normal seperti orang dengan intelegensi normal

6.      Pengobatan
Pengobatan Fenilketonuria  dapat dilakukan dengan  melakukan diet protein-bebas, karena hampir semua protein mengandung fenilalanin. Bayi diberi formula khusus tanpa fenilalanin. Anak yang lebih besar dan orang dewasa harus menghindari makanan kaya protein seperti daging, telur, keju, dan kacang. Mereka juga harus menghindari pemanis buatan dengan aspartam, yang berisi fenilalanin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar